Terkesima Oleh Laptop ‘Dua Wajah’ Asus

Asus Taichi.* (eno/inet)

Era laptop yang bisa difungsikan sebagai tablet tampaknya sudah mulai terlihat. Berbagai vendor pun mulai memamerkan produk yang disebut converible PC itu, salah satunya Asus Taichi.
Convertible memang bisa dikatakan jenis baru dalam industri komputer. Produk ini sejatinya terlihat seperti laptop biasa, tapi juga bisa difungsikan sebagai tablet. Ada yang layarnya bisa dicopot, diputar, ditekuk, dan lainnya.
Salah satu vendor yang sudah memiliki produk tersebut adalah Asus, dengan convertible yang mereka sebut Taichi.

Asus Taichi.*

Sesuai dengan hakekatnya sebagai komputer convertible, produk ini juga bisa digunakan sebagai tablet karena memiliki dua layar dalam satu panel. Di sisi luar layar tersebut bisa dipakai dengan sentuhan, dan sisi dalam hanya bisa digunakan seperti biasa.

Di sela-sela deretan tombol function terselip sebuah tombol khusus untuk mengganti modus layar. Ada beberapa modus yang bisa digunakan, mulai dari menampilkan konten yang sama (mirror), mematikan layar di dalam dan menggunakan layar kedua sebagai tablet, atau menggunakan keduanya untuk menampilkan konten yang berbeda. Semua itu bisa dilakukan hanya dengan satu tombol.

Urusan dapur pacu Asus Taichi juga sudah terbilang mumpuni. Di dalamnya sudah terselip prosesor Intel Core i7 3517U 1,9 GHz, RAM DDR3 4 GB, dan sistem operasi Windows 8 Pro 64-bit.

Saat dijinjing produk ini juga terasa ringan di tangan, tapi dengan harga di atas USD 1.000 produk ini sepertinya justru terasa berat dikantong kebanyakan pengguna komputer.

Selain Asus Taichi, produsen lain yang sudah memiliki komputer convertible adalah Sony dan Dell. Kebtulan Intel memamerkan produk dari kedua produsen itu yang disejajarkan dengan Asus Taichi.

Dell XPS Duo 12

Jika Asus Taichi memiliki fungsi hybrid dengan ‘dua wajah’ maka Dell XPS Duo 12 Ultrabook sedikit berbeda. Produk ini punya layar yang bisa diputar ke depan dan kebelakang.
Sekilas produk ini memang terlihat seperti ultrabook biasa, tapi jika diperhatikan, layarnya terlihat terpisah dari bingkai silver yang mengelilingnya. Inilah yang menjadi kunci agar Dell XPS Duo 12 bisa diputar.
Untuk spesifikasi produk ini juga tak main-main. Layarnya sudah dilapisi Gorilla Glass, kemudian untuk prosesor sudah menggusung Intel Core i7 generasi ketiga.

Sony Vaio 11.*

Komputer convertible yang juga siap menggoda para pengguna di Indonesia adalah Sony Vaio 11. Berbeda dengan keduanya, produk ini memiliki layar yang bisa digeser ke atas agar bisa difungsikan sebagai laptop atau tablet.

Engsel bernama Surft Slider digunakan pun terlihat sangat kokoh, terbuat dari besi dan dibalut dengan warna hitam mengkilap. Produk ini juga punya layar menawan dengan resolusi 1920 X 1080 pixel, sangat padat dan tajam.
Ketiga produk yang dipamerkan Intel Indonesia di kantornya itu memang cukup memikat, apalagi semuanya menawarkan sebuah pengalaman baru menggunakan. Tapi sayangnya, semua produk itu memang terlihat tipis sebagai laptop, tapi ukurannya masih jauh lebih tebal dari kebanyakan tablet.
“Hanya beda beberapa mili saja. Lagi pula, dengan ini Anda bisa mendapatkan dua produk (laptop-tablet) dalam satu perangkat,” jelas Bryan Deaner, Brand Manager Intel. (dedi/detik)***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s